Effect of profitability, leverage, and managerial ownership on the disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR) in companies indexed in SRI-KEHATI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh profitabilitas, leverage, dan kepemilikan manajerial terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan yang terindeks SRI-KEHATI. Studi ini merupakan studi kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terindeks pada perusahaan SRI-KEHATI. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan menentukan sampel berdasarkan kriteria dan terdaftar pada indeks SRI-KEHATI selama 7 tahun berturut-turut dari tahun 2012-2018, sehingga jumlah sampel dapat sebanyak 15 perusahaan dengan 105 observasi untuk masing-masing variabel. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profitablitas berpengaruh positif dan tidak signifikan, kepemilikan manajerial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan CSR, leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR. Nilai koefisien determinasi sebesar 14,3% sedangkan 85,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar penelitian ini.
Downloads
References
Dewi, Kumala, 2008. Pengaruh Luas Pengungkapan Laporan Keuangan Tahunan Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia terhadap Keputusan oleh Investor. Jurnal Penelitian.
Ghozali, Imam 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS.Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam dan Anis Chariri. 2007. Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
https://id.wikipedia.org/wiki/Indeks_SRI-KEHATI
Indriantoro, N., & Supomo, B. (2002). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: BPFE.
Jensen, Michael C. dan William H. Meckling. (1976). “Theory of Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure.” Journal of Financial Economics Vol. 3.
Kasmir. (2013).Analisis Laporan Keuangan.Rajawali Pers: Jakarta
Kiswanto. 2011 . Good Corporate Governance dan Market Capitalization dengan Variabel Moderating Corporate Social Responsibility Disclousure. (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI). Jurnal Review Akuntansi dan Keuangan. 1 (2): 97-106.
Lamia, F. V., Zirman & Anisma, Y. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Porsi Kepemilikan Saham Publik, dan Ukuran Dewan Komisaris terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility dalam Laporan Tahunan Perusahaan Food and Beverages yang Listing di Bursa Efek Indonesia. JOM Fekon. 1 (2): 1-15.
Nasir, A., Kurnia, P., &Hakri, T. D. (2013).PengaruhKepemilikanManajerial, Leverage, Profitabilitas,Ukuran,Dan Umur Perusahaan TerhadapPengungkapanInformasiPertanggungjawabanSosial Perusahaan Pada Perusahaan Food and Beverage Yang Terdaftar Di Bei. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Nurleni, Bandang, A., &Amiruddin, A. (2017).The effect of managerial and institutional ownership on corporate social responsibility disclosure.International Journal of Law and Management, 60(4), 979–987. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1108/MRR-09-2015-0216
Rahman, R. 2009. Corporate Social Responsibility: Antara Teori dan Kenyataan.Yogyakarta: Penerbit Media Pressindo
Riantani, S., & Nurzamzam, H. (2015). Analysis of Company Size, Financial Leverage, and Profitability and Its Effect To Csr Disclosure. Jurnal Dinamika Manajemen, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.15294/jdm.v6i2.4308
Subramanyam,Wild.2010.Analisis Informasi Keuangan.Jakarta:Salemba Empat
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. 2008. Jakarta
www.cnnindonesia.com/nasional/20160721074144-20-146030/riset-temukan-kualitas-csr-perusahaan-indonesia-rendah
www.idx.co.id